Tujuh Pasangan Cawali-Cawawali Kota Kediri Tes Kesehatan

Tujuh Pasangan Cawali-Cawawali Kota Kediri Tes Kesehatan

Bintang Pos, Kediri – Tujuh pasangan bakal calon kepala daerah di Kota Kediri, Jawa Timur, mengikuti tes kesehatan di RSU Dr Soetomo Surabaya sebagai persyaratan administrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah itu yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum kota setempat pada 29 Agustus 2013.

“Mereka tes kesehatan hari ini dan besok (29/5). Mereka didampingi petugas dari KPU,” kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan tes tersebut merupakan persyaratan wajib dan seluruh calon kepala daerah harus menjalaninya. Di tes tersebut, akan bisa diketahui tentang kondisi kesehatan bakal calon tersebut.

Ia juga mengatakan seluruh calon sudah diimbau untuk persiapan. Mereka juga sudah mengetahuinya, sehingga sudah menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya untuk menjalani tes tersebut di antaranya berpuasa minimal 10 jam sebelum pemeriksaan.

Agus Rofik juga mengatakan kegiatan tes kesehatan itu tidak dilakukan dini, mengingat jadwal Pilkada Kota Kediri pada 29 Agustus 2013, dimana saat ini masih bulan Mei.

“Kami tidak melakukannya terlalu dini. Mojokerto justru sudah, padahal pilkadanya juga bersamaan,” ucapnya.

Ia menjelaskah sebanyak 60 dokter dilibatkan dalam pemeriksaan tes kesehatan di RSU Dr Soetomo Surabaya tersebut. Mereka merupakan dokter ahli di bidangnya masing-masing.

KPU Kota Kediri juga sudah membuat kesepakatan dengan bakal calon kepala daerah itu, dimana para pasangan tidak diperkenankan membuat hasil pembanding dari rumah sakit lain.

Sementara itu, Imam Subawi, salah seorang calon Wali Kota Kediri yang mengikuti tes itu mengatakan hari ini dilakukan sejumlah tes tulis dan fisik, di antaranya psikotes. Terdapat juga tes darah, air seni, serta jantung.

“Kalau besok tes fisik lagi. Semoga semuanya lolos,” harap bakal calon yang juga mantan jurnalis tersebut.

Pilkada Kota Kediri diselenggarakan pada 29 Agustus 2013, bersamaan dengan Pilkada Jatim. Sebanyak tujuh pasangan mendaftarkan diri, dua di antaranya dari jalur perseorangan yaitu pasangan Kasiadi – Budi Raharjo dan Imam Subawi – Suparlan. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *