Surabaya Diguyur Hujan Awal November, Berpotensi Puting Beliung

Surabaya Diguyur Hujan Awal November, Berpotensi Puting Beliung

Surabaya – Cuaca cerah berawan hingga saat ini masih mengitari wilayah Surabaya dan sekitarnya. Beberapa warga pun mengeluh lantaran panasnya kota Surabaya telah mencapai angka 37 derajat celsius.

Sementara, beberapa wilayah lain di Jawa Timur, seperti Bangkalan, Sampang, Probolinggo, Bondowoso, ataupun Malang sudah turun hujan. Lalu kapankah kota yang dinahkodai Walikota Tri Rismaharini ini akan dibasahi air hujan?

Saat dikonfirmasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya memprediksi, hujan akan turun di wilayah kota Surabaya sekitar akhir Oktober atau paling lambat awal November mendatang.

“Perkiraan, hujan akan turun pada sore hingga malam hari. Intensitas curah hujan ini tergolong hujan ringan. Tetapi tetap berpotensi rawan banjir,” terang prakirawan BMKG Achmad Rofiul Huda.

Sedangkan, curah hujan pada potensi sedang akan terjadi sekitar November davarian kedua. Untuk mencapai puncaknya, kata dia, jatuh di awal Januari 2014.

“Awal-awal November masuk dalam masa peralihan. Yakni peralihan antara musim kemarau dan penghujan sehingga akan berpotensi terjadinya angin puting beliung,” imbuhnya. Sebab itu, masyarakat perlu waspadai adanya angin tersebut. Angin kencang akan muncul sewaktu-waktu, dan semua daerah di Surabaya berpotensi terjadi angin kencang. bjt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *