PPP Tentukan Capres di Mukernas

PPP Tentukan Capres di Mukernas

 Jakarta -Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan  H Suryadharma Ali  mengatakan penentuan calon presiden partainya akan disaring melalui forum resmi yang ditentukan dalam anggaran dasar partai. Yakni, Musyawarah Kerja Nasional yang akan diadakan pada, 7-9 Februari 2014 di Hotel Preanger, Bandung, Jawa Barat.

“Dalam forum tersebut, kami akan menentukan siapa capres yang akan diusung oleh partai,” kata dia di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra III Nomor 9, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Februari 2014.

Surya mengatakan, forum ini akan membulatkan nama-nama yang berkembang di internal untuk mengisi posisi tersebut. Selain itu, kata dia, Mukernas juga akan menetapkan kapan nama capres PPP diumumkan.

Para kader PPP , kata Suryadharma, sudah mencuatkan beberapa nama pilihan capres yang akan diusung PPP. Beberapa nama seperti bekas Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, bekas Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. “Dan saya sendiri,” kata dia.

Dengan adanya forum tersebut, ujar Suryadharma, PPP tidak mau seperti partai lain yang menentukan capres hanya berdasarkan satu-dua orang. Sebab, partai ini dapat berjalan lantaran sokongan banyak pihak. “Kami tidak mau melanggar amanah itu,” ujarnya.

Menurut Suryadharma, mekanisme penentuannya nanti bisa memakai dua cara. Yaitu, pengambilan suara dan aklamasi. Tetapi, sebelumnya para Ketua Dewan Pertimbangan Wilayah akan menyampaikan pandangannya tentang beberapa nama yang sudah ada tersebut. Setelah itu, kata dia, mekanismenya akan diserahkan ke forum.

Selain pembicaraan tentang capres, Suryadharma mengatakan, Mukernas ini juga akan mengevaluasi kekuatan PPP menjelang pemilu legislator. “Dua hal tersebut merupakan agenda penting yang harus dibicarakan oleh partai,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri Agama itu.trb

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *