PKB tegaskan Mahfud disiapkan sebagai capres

PKB tegaskan Mahfud disiapkan sebagai capres

Jakarta– Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) M Hanif Dhakiri menegaskan bahwa partainya menyiapkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai calon presiden, bukan calon wakil presiden.“Bang Akbar Tandjung mewacanakan Pak Mahfud MD sebagai calon wakil presiden dari Aburizal Bakrie. Ini wacana yang kita hargai dan sebagai bentuk apresiasi Bang Akbar atas salah satu capres PKB. Masalahnya, Pak Mahfud disiapkan PKB untuk menjadi calon presiden,” kata Hanif di Jakarta, Rabu.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI ini menilai wacana atau usulan agar Mahfud MD menjadi cawapres tidak masuk dalam kalkulasi politik PKB.

Menurut Hanif, banyaknya wacana yang mematut-matutkan para tokoh yang merapat ke PKB itu dengan para capres dari partai lain menandakan bahwa mereka memiliki kualifikasi dan kelayakan, misalnya mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Raja Dangdut Rhoma Irama.

“Namun demikian, kita berterima atas apresiasinya terhadap capres PKB,” kata Hanif.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung menjagokan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Aburizal Bakrie.

“Mahfud MD salah satu (kandidat bakal cawapres) yang banyak disebut di internal Partai Golkar,” kata Akbar usai mengikuti diskusi “Pekan Politik Kebangsaan” di Kantor International Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Jakarta, Rabu (11/12).

Akbar menilai Mahfud sebagai salah satu sosok akademisi yang memiliki perhatian besar dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Mahfud juga dinilai memiliki tingkat popularitas tinggi sehingga bisa menjadi penarik suara bagi capres Partai Golkar Aburizal Bakrie dalam Pilpres 2014.

Selain itu, menurut Akbar, Mahfud sudah teruji integritasnya sehingga memiliki persyaratan cukup menduduki bakal cawapres.

“Pengalaman dia (Mahfud, Red) di pemerintahan juga sudah teruji dan di DPR juga,” kata politikus kawakan itu. atn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *