Penyusunan standar pelayanan data pemilih di gelar KPU Jatim

Penyusunan standar pelayanan data pemilih di gelar KPU Jatim

N7,Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menggelar forum konsultasi publik di Surabaya, Rabu, untuk bersama-sama menyusun standar pelayanan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

“Pada bulan Oktober kami akan melakukan proses pemutakhiran data pemilih maka sebelum itu kami menggelar forum ini untuk mengajak semua elemen menyusun standar pelayanan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan,” kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam.

Anam menjelaskan dalam pemutakhiran data pemilih itu, KPU Jatim juga akan melakukan rekrutmen sebanyak 130 ribu orang petugas pemutakhiran data pemilih.

“Cukup banyak SDM yang kami rekrut, untuk itu kami melakukan MoU dengan beberapa kampus yang diharapkan akan banyak penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan,  kelurahan maupun tingkat TPS yang diisi mahasiswa,” ujarnya.

Selain itu, forum konsultasi publik penyusunan standar pelayanan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan digelar sebagai upaya KPU Jatim dalam proses pencanangan zona integritas  menuju wilayah bebas korupsi sekaligus wilayah birokrasi bersih.

“Salah satu indikator wilayah ini dinyatakan sebagai lembaga zona integritas maupun birokrasi bersih bebas korupsi adalah kita harus memiliki SOP dalam setiap pelayanan kepada publik,” katanya.

SOP tersebut, lanjut Anam, setelah diterapkan akan dievaluasi sejumlah pihak seperti masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) maupun Ombudsman.

“Dari situ muncul penilaian dan kemudian kami berharap dapat memperoleh predikat sebagai lembaga wilayah bebas korupsi dan bersih melayani,” ujarnya.ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *