Pemkab Sidoarjo Akan Bangun Fly Over Dan Pelebaran Jalan Untuk Mengurangi Kemacetan

Pemkab Sidoarjo Akan Bangun Fly Over Dan Pelebaran Jalan Untuk Mengurangi Kemacetan

Nusantara7,Sidoarjo-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo akan segera kebut pelaksanaan tahapan pelebaran pertigaan Bangah-Aloha, untuk mengurai kemacetan di daerah tersebut. Selain itu, Pemkab Sidoarjo juga akan melakukan persiapan pemanfaatan lahan untuk proyek Fly Over Aloha.

Hal ini seiring angin segar yang diperoleh Pemkab Sidoarjo, setelah TNI AL melalui Laksamana Muda TNI Puguh Santoso Asisten Logistik (Aslog) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) menyerahkan surat persetujuan pemanfaatan lahan kepada Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo, pada Kamis (16/6/2022), di Hotel Swiss Bell In Juanda.

Sebelumnya Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo, telah menemui Laksamana TNI Yudo Margono selaku KASAL di Mabes TNI AL yang ada di Jakarta beberapa waktu lalu, untuk membicarakan pemanfaatan lahan Aloha tersebut.

Usai serah terima surat persetujuan, pihak Pemkab Sidoarjo dengan TNI AL langsung melakukan rapat koordinasi membahas percepatan proses mekanisme pemanfaatan lahan. Hal itu dilakukan agar dalam pelaksanaanya nanti, sesuai dengan prosedur dalam pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

Gus Muhdlor mengatakan, ada tiga proyek pembangunan yang memanfaatkan lahan TNI AL di Aloha. Selain Fly Over Aloha, juga akan dibangun pelebaran jalan sisi Barat pertigaan Aloha-Bangah serta revitalisasi monumen pesawat Ilyushin, yang berada di sisi timur Bundaran Aloha.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mewakili seluruh masyarakat Sidoarjo sangat senang sekali, ada tiga proyek yang diijinkan dengan ditandatanganinya izin untuk membangun,” ucapnya setelah menerima surat persetujuan pemanfaatan lahan.

Setelah izin membangun dikantongi, lanjut Bupati Sidoarjo, lelang pembangunan Fly Over Aloha akan segera dilakukan. Diperkirakan bulan September tahun ini, Fly Over Aloha akan dibangun dilahan seluas 1,2 hektare.

Sementara itu, Laksamana Muda TNI Puguh Santoso juga mengakui lalu lintas jalan Aloha sering crowded. Oleh karenanya, pembangunan Fly Over dinilai bisa menjadi solusinya. Bukti penyerahan surat persetujuan pemanfaatan Barang Milik Negara yang dikelola TNI AL, menjadi bukti bahwa TNI AL mendukung penuh pembangunan tersebut.

“Yang selama ini kita ketahui jalan Aloha ini sering crowded sehingga perlu dibuat Fly Over untuk memperlancar arus lalu lintas,”ujarnya. (Ssn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *