Pemkab Lumajang Dukung Koleksi Cagar Budaya Dipamerkan di Sampang

Pemkab Lumajang Dukung Koleksi Cagar Budaya Dipamerkan di Sampang

Bintang Pos, Surabaya – Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya Lumajang mendukung dan mengapresiasi semangat tim museum Rakyat Lumajang yang mengenalkan cagar budaya mengikuti Pameran Keunikan Koleksi Museum Se Jawa Timur 2013 di Sampang, 15-19 April 2013
Kepala Kantor Pariwisata, Seni dan Budaya, Gawat Sudarmato mengatakan, keikutesertaan tim museum rakyat Lamajang ke Sampang sebagai bentuk promosi wisata dan budaya Lumajang.

Pihaknya, berharap dengan diundangnya ikut pameran koleksi museum, bisa memperkaya warisan cagar budaya nusantara. “Kami siap mensupport tim ke Sampang, koordinasi terus dilakukan mengenai kesiapan,” ujar Gawat, Kamis(11/4/2013).

Tim dari Lamajang akan menampilkan koleksi peninggalan sejarah dan purbakala yang belum dikenal oleh masyarakat Jawa Timur dari berbagai situs di Lumajang.

Aries Purwantiny selaku Arkeolog Lumajang, mengatakan, tim mengikuti pameran ini, untuk mengenalkan peninggalan sejarah Kaki Gunung Semeru. Pasalanya, banyak sekali keunikan peninggalan sejarah Lumajang yang belum dikenal oleh masyarakat, sejarawan, arkeolog dan para pecinta sejarah di Indonesia.

“Lamajang atau sekarang dikenal Lumajang merupakan daerah yang memiliki peradaban yang sangat tua dan belum dikenal, kami sangat ingin mengenalkan peradaban kebudayaan Lumajang,” terangnya.

Sementara Ketua Tim Pameran Museum Lumajang, Ricko mengaku, dengan mengikuti pameran museum bisa meningkatan wawasan dan pengetahuan fungsi museum sebagai sarana apresiasi warisan budaya bangsa.

“Kami ingin dengan masyarakat ikut memiliki dan menjaga peninggalan sejarah, jadi kami melakukan Bottom Up, kalau rakyat sendiri yang peduli, saya yakin koleksi museum aman dan ikut melestarikan,” paparnya.

Tim Museum Kotaraja Lamajang akan menampilkan koleksi dari Situs Gedhong Putri, Situs Biting, Situs Randuang, dan sejumlah peninggalan dari sejumlah temuan masyarakat. (bjt-gug)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *