Megawati Minta Teliti Rumah Soekarno

Megawati Minta Teliti Rumah Soekarno

Surabaya  – Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mempertanyakan keabsahan rumah tua yang diduga pernah menjadi tempat tinggal Presiden RI pertama, Soekarno.Di depan rumah tua yang terletak di Jalan Pandean IV/40 Peneleh Surabaya ini jelas tertera plakat bertuliskan ‘Heritage List (Cagar Budaya)’. Namun, Megawati berharap Pemerintah Kota Surabaya segera menindaklanjuti kebenaran sejarah rumah tersebut.

Megawati menjelaskan, Bung Karno, sapaan akrab Soekarno, lahir pada tahun 1901. Di rumah tersebut informasinya dulunya ditempati oleh seorang guru yang tak lain adalah ayahanda Bung Karno.

Bila informasi itu benar, lalu mengapa rumah sederhana berukuran 4×7 meter tersebut masih menjadi kepemilikan perseorangan bernama Jamilah (40), warga yang sudah 14 tahun tinggal di rumah tersebut.

“Setelah melihat rumah milik Bu Jamilah ini kita akan meminta balai penelitian budaya memastikan apakah betul ini tempat kelahiran Bung Karno,” ucap Mega di sela-sela napak tilasnya, Senin (17/3/2014).

Mega yang saat itu didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terlihat sempat berbincang-bincang dengan pemilik rumah. Sayangnya, perbincangan hanya berlangsung sekitar 15 menit secara tertutup. Setelah itu, Mega bersama rombongan PDIP langsung menuju Lapangan Thor Gelora Pancasila untuk kampanye perdana.

“Makanya untuk memastikan semuanya harus ada penetilian sejarah dahulu,” pungkas salah satu putri Bung Karno ini. bjt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *