KPK Segera Tahan Andi Mallarangeng

KPK Segera Tahan Andi Mallarangeng

Bintang Pos, Jakarta  – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyatakan segera menahan tersangka dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Andi Mallarangeng dan Teuku Bagus Mokhamad Noor.

Dia mengakui, penahanan keduanya tidak berdasarkan hasil penghitungan kerugian keuangan negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun, berdasarkan kepentingan penyidikan.

“Tidak ada hubungannya antara penahanan dan perhitungan kerugian negara. Cuma memang KPK harus menghitung jadwal. Kalau kami perkirakan perhitungan kerugian negara masih lama, ya kami tidak bisa menahan terlalu cepat, karena kita terikat dengan batas penahanan (seorang tersangka),” kata Abraham Samad di kantornya, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Abraham menyatakan, meski hari ini BPK baru menyerahkan hasil audit investigasi tahap II proyek Hambalang, pihaknya berjanji segera bersama-sama BPK untuk menyelesaikan audit penghitungan kerugian keuangan negara tersebut.

“Dengan adanya pertemuan KPK dan BPK karena ini sudah masuk dalam tahap finalisasi bisa memperkirakan kapan selesainya melakukan perhitungan,” kata KPK.

Dia menyatakan, kemungkinan mulai pekan depan, para tersangka Hambalang dapat dipanggil menjalani pemeriksaan. Kendati dipanggil, Abraham belum berani memberi garansi untuk langsung menahan para tersangka.(brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *