Komunitas Tionghoa Siapkan 5.000 Suara ke “Karsa”

Komunitas Tionghoa Siapkan 5.000 Suara ke “Karsa”

Bintang Pos, Surabaya – Sejumlah komunitas tionghoa yang terdiri dari beberapa elemen dan paguyuban siap menyumbang sekitar 5.000 suara untuk memenangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) di Pilkada Jatim 2013.

“Angka itu paling sedikit, sebab masih banyak warga keturunan lainnya yang memiliki hak pilih di Jatim siap memberikan suaranya ke Soekarwo dan Saifullah Yusuf,” ujar Penasihat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Jatim, Solekan, di sela penyampaian dukungan di Bale Karsa, Surabaya, Rabu.

Di provinsi ini, kata dia, terdiri dari berbagai macam paguyuban tionghoa yang tersebar di seluruh Indonesia. Meski begitu, warga keturunan asal China tersebut berkomitmen bersama dan satu suara memenangkan bakal pasangan yang didukung mayoritas partai politik tersebut.

Solekan mengakui, selama empat tahun terakhir menjadi Gubernur Jatim, Soekarwo dinilai sangat peduli dan tidak mengenyampingkan warga tionghoa. Selain itu, pihaknya merasa nyaman dan aman hidup di tanah Jatim dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Karena itulah kami sangat berharap Soekarwo dan Saifullah Yusuf terpilih dan kembali menjadi gubernur. Tentunya harapan kami juga diikuti agar kepemimpinannya mendatang lebih baik dan selalu meningkat, serta tidak melupakan masyarakat tionghoa,” katanya.

Ia mengaku, sejak Pilkada Jatim 2008, pihaknya sudah menyatakan dukungan dan komitmen terhadap “Karsa”. Tidak berubahnya dukungan pada pilkada kali ini, lanjut dia, juga dipengaruhi oleh kepedulian tinggi yang ditunjukkan pemerintah selama ini.

Sementara itu, tidak hanya komunitas tionghoa saja yang hadir ke Bale Karsa sebagai bentuk dukungan. Hadir juga sejumlah elemen-elemen yang menyatakan mendukung ikhlas dan siap menyosialisasikan visi misi “Karsa” ke masyarakat secara luas.

Tidak hanya dari dalam kota Surabaya, sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan lembaga profesi dari berbagai daerah juga hadir menyatakan dukungannya. Diantaranya dari Nganjuk, Porong dan daerah lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan “Karsa”, Tony Sunarto mengaku bangga dan berterima kasih terhadap dukungan dari sejumlah elemen yang menyatakan upayanya memenangkan “Karsa” pada Pilkada yang diselenggarakan 29 Agustus tahun ini.

“Ini sebagai suntikan moral dari masyarakat yang merasakan betul bagaimana peran Soekarwo dan wakilnya selama memimpin Jatim. Dukungan ini kami jadikan semangat agar tim bekerja lebih keras lagi, tentu dengan bantuan relawan dan doa restu masyarakat Jatim,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *