Importir harus Miliki Jiwa Nasionalisme

Importir harus Miliki Jiwa Nasionalisme

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) masih saja menemukan banyaknya barang-barang impor yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada di Indonesia. Hal itu terlihat dari masih adanya barang yang tidak berstandar SNI, tidak berlabel serta tidak memiliki petunjuk penggunaan.

Menurut Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Widodo, dirinya selalu berpesan kepada para importir untuk memiliki jiwa nasionalisme, sehingga meraka mengetahui standar-standar apa saja yang harus dipenuhi barang impor.

“Makanya saya suka bilang kepada importir , para importir yang mau impor dia juga harus punya rasa nasionalisme,” ujarnya di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Seharunya kata Widodo, importir wajib mengetahui tandar apa saja yang harus dimiliki barang yang akan diimpor tersebut sehingga nantinya arang-barang yang beredar di pasaran juga sesuai dengan peraturan yang belaku. Namun, jika syarat tersebut tidak bisa dipenuhi, menurutnya, ipmortir harus menyetakan bahwa tidak akan membeli barang impor yang tidak berstandar.

“Barang yang mau di impor harus tahu standarnya seperti apa di Indoneia, misalnya harus SNI, harus punya label,” ungkapnya.kms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *