Demokrat Galang Dukungan Calon Ketua DPRD Surabaya

Demokrat Galang Dukungan Calon Ketua DPRD Surabaya

Bintang Pos, Surabaya – Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Surabaya menggalang dukungan ke sejumlah fraksi lainnya untuk mempercepat pergantian Ketua DPRD Kota Surabaya dalam waktu dekat ini.

“Targetnya dalam bulan ini harus selesai semua,” kata anggota Fraksi Partai Demokrat dan sekaligus calon Ketua DPRD Surabaya M. Machmud di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya tetap menjalin kerja sama dengan fraksi lainnya khususnya fraksi PDIP. Machmud mengatakan bahwa Fraksi PDIP punya kepentingan untuk mempercepat pergantian Wakil Wali Kota Surabaya yang kini kosong setelah Bambang Dwi Hartono mundur dari jabatannya karena menjadi calon Gubernur Jatim.

“Kita (Fraksi Demokrat) akan merealisasikan kepentingan PDIP, begitu juga sebaliknya PDIP juga merealisasikan kepentingan Demokrat,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pimpinan fraksi dan partai di antaranya dengan Sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangsa (PKB) Mazlan Mansur, Ketua Fraksi Partai Golkar Blegur Prijanggono, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Surabaya Ibnu Shobir, Ketua Fraksi Gabungan dari Partai Gerindra Edi Rusianto, Sekretaris Fraksi Partai Damai Sejahtera (PDS) Rio Pattiselano.

Sementara saat ditanya apakah sudah berkomunikasi dengan Ketua DPD Partai Golkar Surabaya Adies Kadir yang sebelumnya mengeluarkan usulan agar ada dua calon Ketua DPRD Surabaya, Machmud mengatakan hal itu sudah dilakukannya.

“Kalau Adies, Ketua dan Wakil Ketua DPC Demokrat Surabaya sudah berkomunikasi soal ini,” katanya.

Sementara itu, Machmud mengatakan pihaknya sudah mendapatkan perintah dari DPC Partai Demokrat Surabaya dan Fraksi Partai Demokrat DPRD Surabaya jika terpilih nantinya akan memimpin DPRD jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Memperbaiki kelemahan yang dulu. Kalau ada persoalan agar dibicarakan bersama antarpimpinan dewan. Jadi tidak ada monopoli atau intimidasi seperti dulu. Jika perlu selaku pimpinan rapat paripurna harus gantian dengan pimpinan lainnya,” katanya.

Sedangkan yang lebih penting lagi, lanjut dia, pihaknya berharap tidak ada konflik lagi antaranggota dewan, antaranggota dewan dan Sekretaris DPRD, anggota dewan dengan pemkot dan Sekretaris DPRD dengan Pemkot.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Irwanto Limantoro mengatakan bahwa soal pengganti Ketua DPRD Surabaya itu hak Partai Demokrat sebagai pemenang pemilu.

“Bahkan DPP Partai Demokrat sudah menunjuk M. Machmud (Ketua Komisi B DPRD Surabaya) sebagai calon Ketua DPRD Surabaya. Soal adanya fraksi lain yang menginginkan adanya dua calon itu hanya wacana saja,” katanya. (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *