CPNS Tak Perlu Pakai Surat Kepolisian

CPNS Tak Perlu Pakai Surat Kepolisian

Jakarta  – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Azwar Abubakar menjelaskan, dalam pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tujuannya untuk memudahkan calon pendaftar. Menurut Azwar, pihaknya mengusahakan agar pendaftaran CPNS dapat dipermudah agar memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menjadi abdi negara. Berbagai dokumen yang menjadi persyaratan tentu akan mempersulit masyarakat.

“Mau lebih mudah kan? Misalnya suruh kasih formulir, kalau bisa langsung saja scan. Nanti begitu masuk diperiksa lagi. Kalau harus kirim formulir, fotokopi, dilegalisir, capek sekali,” kata Azwar di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Lebih lanjut, Azwar mengungkapkan selain untuk mempermudah persyaratan, penghapusan SKCK dalam persyaratan juga akan menghemat biaya khususnya bagi pendaftar. Ia memberi contoh para pendaftar yang harus menempuh jarak untuk memenuhi persyaratan dalam pendaftaran.

“Bisa hemat sampai Rp 300 miliar karena penghapusan itu. Biaya anak itu pergi, ongkos taksi dia, bayar uang macam-macam. (Misalnya) satu orang Rp 300.000 saja sudah berapa? Kita harus mudahkan (persyaratan) untuk anak-anak kita,” jelas Azwar.

Adapun terkait persyaratan kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor Test of English as Foreign Language(TOEFL),

Azwar mengaku pihaknya tidak menetapkan standar tertentu mengenai TOEFL. Namun, pihaknya tidak melarang bila ada kementerian yang mensyaratkan skor TOEFL tertentu.

“Kalau kementerian menstandarkan TOEFL tidak apa-apa, tapi jangan memberatkan anak-anak juga. Kalau 550 terlalu tinggi. 550 sudah bisa ke luar negeri. 520 bisa dilatih lagi. Mulai sekarang, tapi jangan nge-press juga. Tidak semua mampu kursus bahasa Inggris,” ujar dia.kms

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *