Bupati Jember serahkan Insentif Pemakaman Covid kepada Ahli Waris Pasien Miskin

Bupati Jember serahkan Insentif Pemakaman Covid kepada Ahli Waris Pasien Miskin

Madura9, Jember– Bupati Hendy Siswanto menyerahkan insentif pemakaman Covid-19 sebesar Rp 70,5 juta yang diterimanya kepada keluarga ahli waris pasien yang miskin. Hal ini ditegaskannya, Kamis (26/8/2021).

“Memang benar saya menerima honor sebagai pengarah, karena memang dalam regulasi yang ada, ada pengarah dan tim. Ada ketua, penanggung jawab, anggota, ada kaitan dengan monitoring evaluasi,” kata Hendy.

Jumlah honor yang diterima disesuaikan dengan jumlah pemakaman pasien, yakni sekitar Rp 100 ribu per pemakaman. “Terus terang saja, karena ini regulasi dan saya taat terhadap regulasi yang harus saya ikuti. Honor yang saya terima langsung kami berikan untuk keluarga yang meninggal karena Covid. Keluarga yang meninggal karena Covid ini adalah yang tidak mampu. Sementara untuk yang mampu, tidak (mendapat bagian),” kata Hendy.

Hendy mencontohkan gaji yang diterimanya diserahkan kepada warga yang membutuhkan setiap bulan. “Terus terang saja, setiap ada kegiatan ada tim monitoring. Tim monitoring itu dari ASN (Aparatur Sipil Negara) semua, menerima honor yang sama,” katanya.

Hendy harus memantau pemakaman Covid. “Dan pada Juni-Juli, sedang tinggi-tingginya angka korban meninggal akibat Covid,” katanya.

Hendy menegaskan tidak pernah berharap mendapatkan insentif itu. “Karena kalau mendapatkan besar, artinya yang meninggal dunia banyak. Itu tidak kami harapkan,” katanya. Ia harus memantau pelayanan kepada keluarga pasien yang meninggal dunia.

“Saya menerima honor (pemakaman) baru sekali ini. Jika nanti kalau saya mendapat honor lagi, saya akan kembalikan seperti ini lagi, kepada masyarakat, khusus yang belum beruntung. Nanti akan saya serahkan langsung kepada ahli waris yang sekiranya harus menerima,” kata Hendy. (brj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *