Batik Khas Tanjung Bumi Menarik Minat Istri Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto

Batik Khas Tanjung Bumi Menarik Minat Istri Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto

Nusantara7.com, Bangkalan – Bupati  Bangkalan R Abdul Latif Amin menerima kunjungan sekaligus mendampingi Ibu Nanik Istumawati ke Kabupaten Bangkalan. Kunjungan Istri Menteri ATR/BPN RI Hadi Tjahjanto ke Bangkalan tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung industri dan kerajinan Batik khas Tanjung Bumi.

Kunjungan diawali dengan melihat secara langsung kerajinan Batik di Kecamatan Tanjung Bumi dan dilanjutkan ke Galeri Batik Jokotole di Bangkalan.

Dalam kesempatan tersebut Nanik berharap kerajinan batik sebagai khasanah budaya dan kesenian indonesia termasuk di Bangkalan dapat terjaga kelestariannya.

“Kekhasan batik tulis ini harus tetap terjaga, karena merupakan warisan leluhur kita. Selain itu batik sebagai produk unggulan juga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat, terutama para pengerajin melalui sektor UMKM dengan memanfaatkan potensi lokal,” ujarnya.

Sementara Bupati Ra Latif mengatakan, salah satu visi misi Kabupaten Bangkalan adalah peningkatan ekonomi melalui potensi lokal. “Salah satunya yakni kerajinan batik tanjung bumi sebagai batik khas Kabupaten Bangkalan akan terus kita lestarikan dan berdayakan,” ujarnya.

Kata Ra Latif salah satu bentuk upaya pelestarian kesenian dan budaya Bangkalan saat ini adalah Pemerintah Kabupaten Bangkalan telah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang pemakaian tongkos setiap hari rabu. 

“Ini diharapkan agar generasi muda Bangkalan bisa lebih mengenal dan peduli pada kebudayaan dan kesenian Bangkalan,” jelas Bupati.pem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *