Awas!!! Pensil Aspal Beredar saat Unas

Awas!!! Pensil Aspal Beredar saat Unas

Bintang Pos, Surabaya- Pensil aspal (asli tapi palsu) ditengarai beredar luas saat momen Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA, MA dan sederajat dilaksanakan, hari ini. Alat tulis aspal tersebut diperjual belikan secara bebas.
Walikota Kediri Samsul Ashar mewanti-wanti agar para peserta Unas berhati-hati dalam membeli pensil di toko. Sementara untuk mengantisipasinya, pihaknya telah menginstruksikan seluruh sekolah penyelenggaran Unas menyediakan pensil untuk siswanya.

“Kita menyediakan pensil supaya standar. Jangan sampai beli di luar malah jadi pensil aspal. Jadi, ketika pemeriksaan scanner akhirnya tidak lolos,” ujar Samsul Ashar usai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di SMA Negeri 2 Kediri, Senin (15/04/2013) pagi.

Peredaran pensil aspal tersebut, imbuh Samsul Ashar sudah terjadi sejak UN tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, waktu itu keponakannya sendiri menjadi korban.

“Itu terjadi pada keponakan saya. Karena membeli pensil di luar, nilainya tidak keluar. Padahal nilainya tidak ada yang sembilan, semua berjumlah 10,” kata orang nomor satu di Kota Tahu itu dengan prihatin.

Ditanya mengenai kebocoran soal Unas dan peredaran kunci jawaban, Walikota menjamin tidak ada. Menurutnya, semua siswa sudah mengerti dan sadar bahwa rumor tersebut menyesatkan.

Peserta Unas SMA, MA dan SMK di Kota Kediri sebanyak 9.606 dengan rincian SMA, MA 4.635 peserta dan SMK 4.971 peserta. Adapun jumlah penyelengara Unas SMA sebanyak 20 lembaga, MA 5 lembaga dan SMK 24 lembaga sekolah. (bjt-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *