Pengembangan ekspor makin didorong

Pengembangan ekspor makin didorong

Bintang Pos, Surabaya –  Pengembangan ekspor ke pasar tradisional dan non tradisional semakin ditingkatkan, mulai dari pembinaan hingga pemjaminan aktivitas ekspor pelaku usaha.

Hal ini tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Bank Mandiri, dan PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) pada Oktober 2012.

 

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami, menyatakan, kerja sama ini upaya nyata pemerintah mendukung para pelaku ekspor dari sisi pembiayaan dan jaminan aktivitas ekspor.

 

“Cakupan kerja sama ini tidak hanya pada sisi pembiayaan dan penjaminan dalam kegiatan ekspor saja, tetapi juga meliputi pembinaan dan pelatihan secara sinergis dari masing-masing pihak,” kata dia.

 

Lebih lanjut, ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi pemberian layanan pembiayaan dan layanan jasa perdagangan, pembinaan eksportir, dan pertukaran data/informasi terkait dengan peluang ekspor di pasar tradisional dan non tradisional

 

Juga penyelenggaraan kegiatan promosi dalam dan luar negeri, penjaminan pembiayaan ekspor, dan penjaminan kepada eksportir yang mengalami risiko kerugian akibat gagal bayar oleh pembeli luar negeri. (ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *