Meksiko Batal Jadi Destinasi Utama Wisata Dunia

Meksiko Batal Jadi Destinasi Utama Wisata Dunia

Bintang Pos, Surabaya  Kekerasan bersenjata terkait kartel narkoba diprediksi bakal menyunat banyak pendapatan negeri itu dari sektor wisata. Pejabat pariwisata Meksiko mengatakan negara itu mungkin segera tercoret dari tujuan utama wisata dunia, tempat yang telah mereka duduki selama bertahun-tahun.

Menteri Pariwisata Claudia Ruiz Massieu tak menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Namun, berdasarkan angka statistik tahun lalu, jumlah kedatangan wisatawan asing dan kapal pesiar yang singgah menurun. Jumlah penumpang kapal pesiar berhenti di Meksiko turun 3 persen pada 2012 dan lebih dari 15 persen selama dua tahun terakhir. Jumlah pengunjung di perbatasan turun 5,3 persen pada 2012.

Kota-kota perbatasan Meksiko, seperti Reynosa dan Nuevo Laredo, telah mengalami gelombang kekerasan terkait kartel narkoba. Sejumlah operator pelayaran pun membatalkan singgah di pelabuhan di sepanjang pantai barat Meksiko. Sebanyak 70 jiwa jadi korban dalam enam tahun terakhir. “Ada indikasi peringkat kita menurun hingga dua poin. Kita tunggu saja pengumuman Organisasi Pariwisata Dunia,” kata Ruiz Massieu, Senin.

Namun, Ruiz Massieu menyatakan pendapatan dari pariwisata international naik 7,1 persen pada 2012, meskipun terjadi penurunan jumlah pengunjung. Ia menyebut beberapa resor Meksiko, seperti Cancun, sama sekali tak terpengaruh kekerasan bersenjata. The Travel Leaders Group, sebuah jaringan agen perjalanan independen yang dimiliki dan dioperasikan di AS, mencatat bahwa Cancun tetap menjadi tujuan wisata kedua  paling populer di kalangan orang Amerika.

Direktur WTO regional Amerika, Carlos Vogeler, mengatakan Meksiko kehilangan pendapatan dari sektor wisata. Di lain pihak, negara-negara lain di sekitarnya mencatat keuntungan besar dan menyalip Meksiko.

Vogeler juga menyatakan banyak negara kini muncul sebagai surga wisata baru. Ia mencontohkan Rusia, Malaysia, dan Austria. “Sejumlah negara juga mencatat melonjaknya kunjungan wisatawan secara signifikan,” katanya. (tem-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *