Iswara-Asep Didukung 15 Parpol Non-Parlemen

Iswara-Asep Didukung 15 Parpol Non-Parlemen

Bintang Pos, Surabaya- Sebanyak 15 dari 23 partai politik non- parlemen memberikan dukungan terhadap pasangan yang diusung Partai Golkar, MQ Iswara-Asep Dedy Ruyadi dalam Pilwalkot Bandung. 15 partai tersebut, sebelumnya mendukung Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon wali kota.


Sekretari Pokja Pencalonan KPU Kota Bandung, Andri Nurdin membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Partai Golkar yang hanya mengantongi 12 persen suara bisa mendaftarkan calonnya dengan dukungan 15 parpol non-parlemen hingga berjumlah 15,81 persen suara.

“Total suara sah 15,81 persen, jadi pasangan ini sesuai dengan parsyaratan jumlah suara sah sebagai persyaratan yang hanya 15 persen,” kata dia kepada wartawan di kantor KPU Kota Bandung, Minggu (17/3/2013).

Di tempat yang sama, Iswara mengungkapkan jika partai pendukungnnya bukanlah partai kecil. “Koalisis ini adalah koalisi kerakyatan,” singkatnya.

Sementara itu, Jubir 15 parpol non-parlemen, Ruslan Abdulgani mengatakan, penarikan dukungan dari Ridwan Kamil karena adanya dukungan dari partai lain.

“Saat deklarasi, ternyata Ridwan Kamil diusung partai mapan. Jadi, kami yang awalnya mengusung merasa ditinggalkan. Ini diluar komitmen awal,” tegas Ruslan.

Ruslan mengatakan, dalam detik-detik akhir masa pendaftaran Partai Golkar memberikan kesepakatan dengan 15 parpol non-parlemen.

“Kami bukan menarik dukungan karena memang tidak pernah ada kesepakatan dengan calon lain (Ridwan Kamil). Tetapi kami punya komitmen dengan calon sekarang,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun, 15 parpol non parlemen tersebut yakni, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Patriot, Partai Penegak Demokrasi, Partai Merdeka, PNBK, PDP, PKPB, PKBNU, PBN, PK, PDS, PBR, dan PPD. (okz-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *