Israel dan Palestina di Washington Menjelang Kunjungan Obama

Israel dan Palestina di Washington Menjelang Kunjungan Obama

Bintang Pos, Surabaya – Pejabat Israel dan Palestina sangat bersemangat ke Washington menjelang kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat Barack Obama bulan depan ke Yerusalem dan Ramallah, pejabat kedua negara mengatakan pada Minggu.

 

Negosiator Palestina Mohammad Shtayyeh mengatakan dia dan rekannya Saeb Erekat akan bertemu dengan pejabat pemerintah pada pertengahan pekan untuk mengintai posisi Palestina dalam konflik dengan Israel.

 

Delegasi Palestina akan tiba di Washington pada Rabu untuk memulai pertemuan dengan pejabat Amerika Serikat pada Kamis, tuturnya kepada AFP.

 

Gedung Putih belum mengumumkan tanggal pasti untuk kunjungan Obama, lawatan pertamanya ke Israel dan Tepi Barat sebagai presiden.

 

Laporan media Israel dan pejabat Palestina mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan berlangsung mulai dari 20-22 Maret dan akan melakukan pembicaraan dengan pemimpin Israel dan Palestina di Yerusalem dan Ramallah.

 

Gedung Putih sengaja tidak menguak perkiraan itu dengan mengatakan Obama tidak berencana menggunakan lawatannya untuk mendorong proposal baru demi memecahkan dua tahun kebuntuan mengenai pembicaraan perdamaian.

 

Shtayyeh mengatakan bahwa dia dan Erekat akan memperjelas kedudukan Palestina dengan acuan khusus terhadap percepatan pembangunan pemukiman Israel di wilayah Tepi Barat yang telah diduduki dan timur Yerusalem yang dirampas, tanah yang dipandang Palestina sebagai bagian dari negaranya di masa yang akan datang.

 

Pada Minggu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa pembicaraannya dengan Obama akan berpusat pada program nuklir Iran, konflik Suriah, dan perundingan perdamaian yang macet dengan Palestina.(ant-pgh)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *