Inggris kirim senjata kepada pemberontak Suriah

Inggris kirim senjata kepada pemberontak Suriah

Bintang Pos, Surabaya – Surat kabar Inggris Daily Star, Minggu, mengungkapkan bukti baru keterlibatan Inggris dalam pembiayaan kelompok pemberontak Suriah, dengan pengiriman rahasia senjata senilai 20 juta pound (30 juta dolar AS).

Senjata tersebut termasuk senapan serbu, senapan mesin, granat, roket anti-tank, roket pad, peluncur roket dan amunisi yang disimpan di negara-negara tetangga dan cukup untuk mempersenjatai 1.000 anggota dari “oposisi Suriah”. Demikian tulis Daily Star yang diwartakan oleh SANA, Senin.

Perkembangan ini bertepatan dengan pengumuman Menteri Luar Negeri Inggris William Hague Rabu lalu bahwa Inggris akan menyediakan kepada “oposisi Suriah” dengan kendaraan lapis baja dan pelindung tubuh.

Harian tersebut mengutip seorang sumber pemerintah bahwa senjata-senjata itu dikirim tujuh pekan lalu sebagai bagian dari rencana yang disusun oleh Departemen Pertahanan untuk mengangkut senjata senilai satu juta pound setiap hari untuk para pemberontak Suriah.

Sumber itu menambahkan bahwa keputusan memberikan senjata ini akan diambil dalam enam minggu berikutnya, menunjukkan bahwa beberapa senjata telah dikirim ke “pemberontak Suriah” melalui Arab Saudi dan Qatar yang membeli senjata dalam jumlah besar. (ant-pgh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *