Harga Cabe di Bojonegoro Tembus Rp 45 Ribu Perkilogram

Harga Cabe di Bojonegoro Tembus Rp 45 Ribu Perkilogram

Bintang Pos, Surabaya – Harga Kebutuhan pokok seperti cabe rawit merangkak naik. Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kota Bojonegoro menjual cabe rawit dengan harga Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu perkilogramnya.

Selain cabe rawit cabe merah juga mengalami kenaikan harga. Cabe merah kini harganya sekitar Rp 25 ribu perkilogram. Sedangkan untuk cabe putih harganya Rp 20 ribu perkilogram. Melambungnya harga kebutuhan pokok ini terhitung sejak  dua pekan yang lalu.

Padahal, dua hari lalu di Pasar Besar Kota Bojonegoro, harga cabe rawit masih di kisaran antara Rp 33 ribu hingga Rp 37 ribu perkilogram. Tetapi, dalam jangka waktu dua hari, harganya melonjak sekitar Rp 8000. Sedangkan harga normal cabe pedas ini, sekitar Rp 12 ribu perkilogram.

Selain cabe, bumbu dapur yang masih melambung, yaitu bawang merah. Harga bawang merah di pasar tradisional Bojonegoro kini mencapai Rp 50 ribu perkilogram, dari harga sebelumnya hanya sekitar Rp 10.000 perkilogramnya.

Sedangkan harga bawang merah di tingkat petani di Bojonegoro bagian selatan, sekitar Rp 20 ribu dari harga sebelumnya yang hanya Rp 5000 perkilogram. “Memang kebutuhan pokok banyak yang naik mas,” ujar Darsi, pedagang kelontong di Pasar Besar Bojonegoro, Jumat (22/03/2013).

Sekedar diketahui, Bojonegoro sisir selatan juga merupakan daerah penghasil bawang merah. Seperti di Kecamatan Sukosewu, Kedungadem, Gondang, Sugihwaras dan sebagian di Temayang. Namun para petani bawang merah menjual hasil panennya ke daerah Nganjuk. “Harga bawang merah memang terus naik dalam dua pekan ini. Kenaikannya, rata-rata antara RP 2000 hingga Rp 3000 perharinya,” lanjunya.(brj-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *