Badai Salju Hebat Lumpuhkan Perancis

Badai Salju Hebat Lumpuhkan Perancis

Bintang Pos, Surabaya – Lebih dari 68.000 rumah di Perancis tak mendapatkan pasokan listrik dan ratusan orang terjebak di dalam mobil mereka setelah badai salju hebat menghantam negeri itu, Selasa (12/3/2013).

Badai salju ini juga menyebabkan jalanan licin yang berujung pada kecelakaan lalu lintas di kota Lille yang melibatkan tiga mobil. Kecelakaan ini mengakibatkan 14 orang terluka, termasuk enam anggota pemadam kebakaran.

Sebanyak 26 wilayah di timur laut dan utara Perancis dalam keadaan waspada karena hujan salju turun sangat lebat. Badan Meteorologi Perancis, Metero France mengatakan musim dingin kali ini sangat luar biasa karena jumlah dan waktu yang tak biasa.

Meteo France memprediksi kondisi cuaca akan membaik pada Rabu (13/3/2013).

Sepanjang malam Senin (11/3/2013), sebanyak 500 mobil terjebak di dekat kota Cherbourg karena salju menumpuk setinggi 60 cm dan hembusan angin mencapai 100 km per jam.

Sementara itu di kawasan Normandia dan Britanny sekitar 68.000 rumah tak mendapatkan pasokan listrik. Namun, pemerintah mengatakan pada Senin malam jumlah rumah yang tidak mendapat pasokan listrik tinggal enam rumah saja.

Cuaca buruk ini juga membuat otorisat penerbangan sipil meminta maskapai penerbangan menunda hingga 25 persen penerbangannya dari Bandara Roissy dan Orly, Paris.

Perjalanan  kereta api cepat TGV yang melayani rute Paris-Cherbourg juga terganggu. Sedangkan di Cherbourg, sebuah kapal ferry dengan penumpang 491 orang dari Irlandia, menunda saat merapat di pelabuhan karena ombak terlalu tinggi. (kom-kba)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *